Ragnarok, GetAmped, Sealindo, Xian, Pangya, Gunbound, Tantra, Cabal, Deco KumpulBlogger.com

Minggu, 15 Juli 2007

Waspadai Email Bersubyek "Virus Alert"

Jakarta, Trik menyebarkan virus dengan cara menjebak pengguna komputer untuk meng-klik link dalam e-mail sudah merupakan hal yang umum. Namun, pengguna tetap perlu waspada. Terlebih email bersubyek seperti "Worm Alert", "Virus Alert" dan "Worm Activity Detected", yang bulan April lalu ramai membanjiri inbox email.

Jika Anda menerima e-mail berisi peringatan bahwa di komputer Anda telah terdeteksi virus ataupun spyware, segera hapus! Internet Storm Center kembali menemukan keberadaan worm Storm. Kali ini, subyek yang dipakai berbeda, demikian juga dengan teksnya. Namun, cara penginfeksiannya diduga sama.

"Biasanya dengan menjebak pengguna untuk meng-klik link yang ada di e-mail," tulis Mark Hofman dari Internet Storm Center dalam blognya.

Australian Computer Emergency Response Team (AusCERT) juga melihat adanya peningkatan volume email spam yang mencoba menyebarkan worm Storm. Email palsu tersebut menyamar sebagai email peringatan pendeteksian virus dan spyware.

"Pengguna yang mengunjungi link yang ada di e-mail akan mendapati perintah untuk menginstal software jahat," tulis peneliti AusCERT. "Software ini berisi backdoor yang memungkinkan penyerang mengambil alih kendali komputer sepenuhnya secara remote," tulisnya lagi.

Dilansir Techweb dan dikutip detikINET, Kamis (12/7/2007), saat ini program jahat tersebut belum sepenuhnya bisa dideteksi oleh para vendor antivirus. Lebih dari 50 situs jadi hosting malware ini, kata AusCERT.

Dikutip dari : Dewi Widya Ningrum - detikInet

Tidak ada komentar:

Mini Games