Ragnarok, GetAmped, Sealindo, Xian, Pangya, Gunbound, Tantra, Cabal, Deco KumpulBlogger.com

Kamis, 05 Juli 2007

9 Penjual Software Bajakan Berhasil Diciduk Aparat

Beijing, Upaya Cina untuk menekan pembajakan terus ditingkatkan. Mulai dari melakukan razia penjual software bajakan hingga menggelar kampanye anti bajakan secara nasional.

Dari razia yang digelar 25 Juli lalu, total 9 orang tersangka berhasil diciduk aparat penegak hukum Cina. Mereka dituduh telah menjual salinan DVD bajakan dan barang-barang bajakan lainnya secara ilegal.

Aparat melakukan razia terhadap para penerbit barang bajakan mulai dari film, software hingga barang-barang olahraga yang tidak berlisensi. Tak hanya penjara, penjual software bajakan dipastikan akan dikenai denda yang tidak sedikit.

Langkah tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya Cina untuk menghentikan bisnis black market (pasar gelap) di Cina yang makin subur, serta atas desakan dari pemerintah Amerika Serikat.

Dari 9 terdakwa, 4 orang diantaranya dijatuhi hukuman penjara 13 tahun karena telah memproduksi dan menjual publikasi bajakan di sebelah timur kota Ningbo dan tenggara kota Xiamen.

Selain hukuman penjara, terdakwa yang beroperasi di Xiamen -- Wang Guimei -- didenda 40.000 yuan (US$ 5.000) atau sekitar Rp 45,8 juta (US$ 1 = Rp 9.160 Sumber: detikcom). Tidak dijelaskan berapa denda yang dilayangkan kepada terdakwa di Ningbo.

"Hukuman ini (penjara dan denda-red) menunjukkan bahwa tekad pemerintah untuk bertempur melawan pembajakan dan melindungi properti intelektual sudah bulat," papar agen antipembajakan nasional, yang dikutip Xinhua News Agency.

Selain itu, seorang terdakwa di timur kota Qingdao divonis hukuman penjara 2 tahun karena telah menjual DVD dan software komputer bajakan. Demikian dikutip detikINET dari Associated Press, Jumat (20/10/2006).

Di tempat lain, 2 orang laki-laki yang ketahuan menjual CD dan DVD bajakan lewat Internet, harus rela dihukum 1 tahun penjara. Dua orang terdakwa lainnya masing-masing dihukum 18 dan 8 bulan penjara, serta denda masing-masing sebanyak 200.000 yuan (US$ 25.000) dan 100.000 yuan (US$ 12.500).

Bulan lalu, aparat penegak hukum Cina juga berhasil menghancurkan 13 juta keping CD, DVD dan software bajakan, sebagai bagian dari kampanye anti pembajakan. (dwn) (dwn/dwn)

Dikutip dari : Dewi Widya Ningrum - detikInet

Tidak ada komentar:

Mini Games