Ragnarok, GetAmped, Sealindo, Xian, Pangya, Gunbound, Tantra, Cabal, Deco KumpulBlogger.com

Kamis, 05 Juli 2007

Blogger Dihukum Karena Menghina Islam

Alexandria, Mesir, Seorang blogger dijatuhi hukuman empat tahun karena memposting tulisan yang dianggap menghina agama Islam dan Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Abdel Karim Suleiman, adalah seorang blogger Mesir lulusan sekolah hukum. Dia menjadi blogger Mesir pertama yang harus berhadapan dengan hukum gara-gara tulisannya di Internet.

Tulisan-tulisan Suleiman di blog www.rezgar.com/debat sudah diawasi sejak November 2006. Ada delapan artikel yang mendapat perhatian aparat, di blog yang didirikan sejak tahun 2004 itu.

Suleiman adalah seorang muslim yang menganut paham liberal. Dia tidak menyangkal telah menulis artikel-atikel tersebut, namun dia menekankan bahwa tulisannya hanya mewakili pendapat pribadi.

Kasus Suleiman mendapat perhatian seksama dari kelompok pembela hak-hak blogger. Mereka khawatir pengawasan dan penahanannya menimbulkan persoalan hukum terkait pembatasan kebebasan Internet di Mesir, yang merupakan negara Arab dengan penduduk terpadat.

"Ini merupakan preseden berbahaya, karena ini akan berpengaruh pada satu-satunya ruang yang masih bebas, yaitu Internet. Hukuman yang dikenakan tidak jelas," kata seorang blogger yang mengikuti persidangan, seperti dikutip detikINET, Jumat (23/2/2007) dari Reuters.(nks/wsh)

Dikutip dari : Ni Ketut Susrini - detikInet

Tidak ada komentar:

Mini Games