Ragnarok, GetAmped, Sealindo, Xian, Pangya, Gunbound, Tantra, Cabal, Deco KumpulBlogger.com

Kamis, 05 Juli 2007

Anak 'Budeg' dan Otak Berkabut Lantaran Gadget

Jakarta, Keseharian manusia moderen rasanya sulit dipisahkan dengan berbagai perangkat digital (gadget). Hasilnya, beragam perilaku tak wajar pun muncul. Waspadalah, ingat jaga jarak.

Melihat bocah menenteng ponsel rasanya sudah menjadi pemandangan biasa saat ini. Apalagi mengetahui kehandalan mereka memahami dan mengoperasikan fitur-fiturnya. Belum lagi aneka gadget lainnya yang menjadi "teman dekat" para bocah dan remaja, sebut saja pemutar musik seperti iPod, perangkat game portabel, bahkan komputer atau Blackberry.

Benda-benda tersebut seakan memberi kesenangan yang wajib mereka nikmati setiap hari. Tak pelak lagi, muncul perilaku berbeda -- sebut saja tak wajar -- akibat kedekatan mereka dengan benda-benda tersebut.

Misalnya, para orang tua kini banyak yang sulit memanggil anak-anaknya hanya dengan sekali panggil. Karena terlalu sering memakai earphone, pendengaran dan konsentrasi anak terganggu dan ketika sadar ada panggilan, mereka pun menyahut dengan nada suara tinggi.

Ancaman lainnya adalah munculnya gejala kabut otak (Brain Fog) akibat terlalu sering melakukan pekerjaan secara bersamaan (multitasking). Misalnya mengetik di komputer sambil bicara di telepon, sementara satu tangan lainnya mencari-cari kunci mobil. Wooo...

Brain Fog bisa berakibat kepikunan, sering salah memanggil nama orang, dan lupa di mana letak benda yang sebenarnya sedang di genggaman.

Sekarang ini, para dokter di negara-negara maju mulai mendiagnosa keram tangan, kanker dan gangguan saraf akibat ngobrol terlalu lama di ponsel. Gangguan fisik yang juga banyak muncul adalah keram jempol akibat terlalu banyak memencet tombol ponsel atau Blackberry atau tombol kendali game.

Bagi yang gemar mendengarkan musik dengan perangkat ber-earphone, gangguan pendengaranlah resikonya. Gangguan lain yang tak terelakkan adalah penglihatan kabur dan mata berair akibat terlalu banyak bertatapan dengan layar komputer atau ponsel. Belum lagi resiko cidera otot, akibat posisi duduk yang salah saat bekerja di depan komputer.

Cara terbaik adalah mengurangi interaksi yang terlalu intim dengan benda-benda tersebut. Pakai ponsel seperlunya, copot earphone sesegera mungkin, hindari mengetik SMS terlalu panjang, alihkan pandangan dari layar komputer sesering mungkin, dan lakukan latihan fisik yang menyenangkan. Yang penting, ingat jaga jarak!(nks/nks)

Dikutip dari : Ni Ketut Susrini - detikInet

Tidak ada komentar:

Mini Games